A. Pengertian Multimedia [1]
1. Multimedia menurut Para Ahli
· Mc.Comick, 1996
Menurut Mc.
Comick, Multimedia merupakan gabungan dari tiga buah elemen penting yang ada di
dalamnya yaitu suara, tulisan, dan gambar.
· Robin dan Linda, 2001
Menurut Robin
dan Linda, Multimedia adalah sebuah alat yang dapat digunakan sebagai media
presentasi yang lebih interaktif dan dinamis dimana dalam media ini penggunanya
dapat mengkombinasikan berbagai macam data seperti teks, grafik, video,
animasi, dan juga audio.
·
Hofstekter, 2001
Menurut
Hostekter, Multimedia dalam konteks komputer merupakan pemanfaatan komputer
sebagai media untuk membuat dan juga menyatukan data gambar, teks, grafik, dan
audio dengan menggunakan perangkat lunak yang memungkinkan penggunanya untuk
bisa berkreasi, berinteraksi dan berkomunikasi.
·
Turban, dkk, 2002
Menurut
Turban, dkk, pengertian Multimedia adalah
kombinasi dari dua buah media berupa input dan output. Media yang
dikombinasikan dapat berupa audio, video, teks, gambar, grafik, dan animasi.
2. Pengertian
secara Bahasa
Multimedia berasal dari
kata multi (Bahasa Latin) yang berarti banyak dan kata
media (Bahasa Latin) yang berarti sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan
sesuatu. Multimedia adalah suatu sarana menggabungkan teks, suara,
gambar, animasi, audio dan video dengan alat bantu
(tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi,
berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi dengan
menggunakan komputer sebagai bentuk penyajiaannya. Multimedia sering digunakan
dalam dunia informatika. Selain dari dunia informatika, multimedia juga
diadopsi oleh dunia game, dan juga untuk membuat website.
B.
Konsep
Dasar Multimedia[2]
Pada awalnya multimedia hanya mencakup
media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak
video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran (suara)
dan juga berupa ( berwujud). Dalam perkembangannya multimedia mencakup juga
kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsumsi indra penciuman. Multimedia
mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3
dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton.
Kinetik, dan film 3 dimensi membangkitkan sense realistis.
Bau mulai menjadi bagian
dari multimedia sejak ditemukan teknologi reproduksi bau melalui
telekomunikasi. Dengan perangkat input pendeteksi bau, seorang operator dapat
mengirimkan hasil digitizing bau tersebut melalui internet. Komputer
penerima harus menyediakan perangkat output berupa mesin reproduksi bau. Mesin
reproduksi bau ini mencampurkan berbagai jenis bahan bau yang setelah dicampur
menghasilkan output berupa bau yang mirip dengan data yang dikirim dari
internet. Dengan menganalogikan dengan printer, alat ini menjadikan
feromon-feromon bau sebagai pengganti tinta. Output bukan berupa cetakan
melainkan aroma.
C.
Pemanfaatan
Multimedia[3]
Pada zaman sekarang yang segala sesuatu dengan
menggunakan teknologi tidak lepas dari multimedia yang melengkapi teknologi
tersebut, itu kenapa multimedia mempunyai peranan yang penting dari segala
aspek, karena multimedia merupakan pemicu (triggers) pembaca memperoleh
sesuatu yang ‘lebih’ dibandingkan topik yang dipelajari. Tidak hanya itu
peranan multimedia akan sangat efektif dalam penyampaian informasi; faktanya
menurut Computer Technology Research (CTR):
·
Orang
mampu mengingat 20% dariapa yang dilihat
·
Orang
mampu mengingat 30% dariapa yang didengar.
·
Orang
mampu mengingat 50% dariapa yang didengar, dilihat dan dilakukan
Multimedia
dapat ditempatkan dimana saja selama masyarakat membutuhkan akses ke sumber
informasi elektronik. Multimedia mengubah sajian tradisional komputer yang
berupa teks, menjadi suatu media yang menarik perhatian dan keingintahuan.
Penerimaan informasi menjadi semakin baik, dan jika disusun secara baik,
multimedia juga bisa menjadi amat menghibur. Multimedia juga menjembatani dan
menjangkau masyarakat yang sedikit alergi terhadap bentuk penyampaian standard
komputer kedalam bentuk yang lebih mudah dapat diterima dan mudah digunakan.
Pada bagian ini dijelaskan penggunaan multimedia didalam lingkup rumah tangga,
pendidikan, tempat umum dan lingkup usaha / bisnis.
Multimedia di Rumah Tangga
Kebanyakan
dari produk multimedia sampai ke rumah-rumah lewat televisi biasa atau melalui
jaringan komputer pribadi (PC). Pada saat ini, konsumen dari produk multimedia
sudah memiliki komputer yang sudah terpasang CD-ROM Player atau televisi yang
dihubungkan dengan alat sejenis CD player, seperti Kodak Photo CD, Philips CD-I
Player atau Panasonic 3DD Player.
Alat-alat
permainan seperti Nintendo, Sega, Playstation atau Atari sudah mulai masuk
kerumah-rumah. Banyak dari produk mereka menggunakan teknologi CD yang
mengizinkan multimedia masuk ke rumah tangga. Telah terjadi peningkatan
penjualan atas produk multimedia hiburan berbasis komputer dan produk game
elektronik. Kenyataan ini telah membuka suatu peluang baru bagi pemasaran
multimedia, baik untuk hiburan maupun untuk kepentingan usaha yang akan membuat
kemudahan baik bagi produsen maupun konsumen.
D.
Multimedia
dalam Pendidikan[4]
Pada dunia pendidikan peranan multimedia sangat membantu
dalam mempermudah pembelajaran siswa, guru dan dosen dalam menyampaikan dan
menerima dari apa yang disampaikan. Contohnya: Tutorial, Ensiklopedia
(Misal Microsoft Encarta) dengan demikian para siswa tidak jenuh
dan merasa bosan dengan materi yang disampaikan secara monoton melalui suara,
tapi ada tambahan dengan menyajikan gambar dan video dengan menggunakan sarana
multimedia ini. Sehingga para siswa memliki ketertarikan guna memepelajari
lebih dalam materi apa yang disampaikan oleh guru ataupun dosen.
1.
Multimedia
membuat pelajar mengerti isi pelajaran
2.
Multimedia
membuat siswa mengingat dengan mudah tentang isi pelajaran
3.
Multimedia
menyampaikan isi pelajaran dengan canggih dan berkesan
4.
Multimedia
mampu menjadi sumber pengetahuan
5.
Multimedia
mampu mencari hubungan antara satu ilmu dengan ilmu lain
6.
Multimedia
mampu menunjukkan dunia sekitar yang kaya dengan ilmu pengetahuan
7.
Multimedia
kaya dengan berbagai aktivitas pembelajaran
8.
Multimedia
mampu menghibur selama proses pembelajaran
9.
Multimedia
membuat terjadinya interakti antara siswa dengan teknologi terkini
10.
Multimedia
memberi peluang kepada guru untuk mengubah kaidah pengajaran
11.
Multimedia
membuat proses belajar dan mengajar menjadi lebih menyenangkan
12.
Multimedia
memudahkan pembelajaran yang berpusatkan pada siswa karena siswa diberi
kebebasan memilih bahan pembelajaran sendiri dan belajar pada kadar yang sesuai
dengan diri sendiri
13.
Multimedia
mengajari setiap siswa dengan gaya pembelajaran yang berbeda
14.
Multimedia
menggalakkan pembelajaran kooperatif dan interaktif di antara siswa melalui
diskusi
15.
Multimedia
memudahkan pembelajaran yang berasaskan konstruktivisme.
16.
Multimedia
memudahkan siswa mempunyai kebebasan belajar sendiri tanpa dipengaruhi oleh
pihak-pihak lain.
17.
Siswa
dapat memilih bahan pembelajaran sendiri dan belajar dengan kadar yang sesuai
dengan minat dan kehendak sendiri.
Barangkali
dunia pendidikan adalah dunia yang paling membutuhkan teknologi ini. Sistem
pendidikan CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif) mungkin akan mencapai sasarannya
dengan menggunakan teknologi ini. Para siswa dapat langsung melihat dan
mendengar tentang hal-hal yang dipelajarinya. Sebagai contoh, seorang siswa
membuka aplikasi multimedia sejarah. Dalam aplikasi tersebut siswa dapat
memilih periode dan subjek yang akan dipelajari, kemudian dilayar tampilan akan
hadir teks subjek disertai gambar, suara bahkan gambar hidup dari subjek yang
dipelajari. Perhatian siswa akan lebih terpusat dan rasa ingin tahunya akan
lebih terpancing untuk mempelajari hal-hal lain karena merasa tertarik akan
media penyajiannya.
Anak-anak usia pra-sekolah dan TK (Taman Kanak-kanak) pun
akan mendapat keuntungan dari teknologi ini. Pada usia ini anak lebih tertarik
kepada gambar dan suara. Dengan bimbingan guru dan orang tua mereka dapat
“menjelajahi” lebih luas dan imajinasi merekapun akan lebih berkembang. Singkat
kata teknologi multimedia dapat memberikan arti baru bagi dunia pendidikan.
E.
Multimedia
untuk Aplikasi Umum[5]
·
Bidang
Bisnis
Multimedia mempunyai peranan penting
dalam bidang bisnis karena dapat digunakan sebagai alat promosi. Dengan promosi
yang inovatif , kreatif dan interaktif , daya saing sebuah produk menjadi
lebih tinggi. Multimedia memiliki kelebihan untuk menarik indera dan
minat, karena merupakan gabungan antara pandangan, suara, dan gerakan.
Pemasaran sebuah produk akan lebih cepat dan efektif dengan penampilkan sebuah
iklan yang menarik dan mudah dimengerti. Selain itu, multimedia juga digunakan
dalam menampilkan grafik dan angka perkembangan saham, jangkauan pemasaran ,
data rahasia perusahaann dan informasi mengenai klien bisnis.
·
Bidang
Teknik
Di bidang teknik, multimedia
dimanfaatkan dalam berbagai aplikasi dan software simulasi yang berbasis
teknik. Simulasi yang digunakan dapat menampilkan objek-objek dua dimensi dan
tiga dimensi yang dapat membantu di bidang teknik industri, mesin dan sipil.
Sementara di bidang elektro, multimedia dapat menampilkan objek komponen
beserta karakteristiknya serta dapat menunjukkan hasil dari simulasi rangkaian
berupa tampilan gelombang , angka dan persamaan matematis.
·
Bidang
Ilmu Pengetahuan dan Penelitian
Dalam matematika dan penelitian
ilmiah, multimedia dipakai terutama untuk modelling dan simulasi. Sebuah
objek (zat atau makhluk hidup) yang baru ditemukan dapat disimulasikan dalam
bentuk model untuk diteliti dan dikembangkan. Objek-objek tersebut dapat diteliti
dengan mempelajari tekstur, ukuran, dimensi dan karakternya dalam bentuk
multimedia berupa gambar, animasi dan bahkan suara.
·
Bidang
Seni dan Hiburan
Multimedia banyak digunakan dalam
industri hiburan, khususnya untuk memberikan efek khusus suara dan
gambar dalam film dan animasi. Multimedia juga dimanfaatkan pada aplikasi
dan game. Pengguna diberikan fasilitas untuk mengkontrol gerak animasi dalam
game. Di kehidupan sehari-hari multimedia dimanfaatkan dengan penggunaan DVD
player dan MP3/MP4 player yang dapat menyuguhkan hiburan film,
musik dan karaoke. Selaim itu berita-berita yang dimuat di televisi dan
internet bukan hanya berupa teks namun berisi gambar, video atau bahkan animasi
dari sebuah simulasi kejadian.
·
Bidang
Tranportasi dan Komunikasi
Di bidang Tranportasi, multimedia
digunakan untuk menampilkan sistem navigasi sebuah pesawat atau kapal laut.
Pada navigasi kapal laut bisa ditentukan koordinat dan arah
gerak kapal. Untuk sistem navigasi pesawat dapat ditentukan ketinggian pesawat,
kondisi cuaca dan kecepatan angin pada monitor sistem navigasi. Sementara
di darat, jalur kereta serta pergerakan kereta dapat dimonitoring dalam suatu
tampilan monitor di ruang kendali pusat. Selain itu, dengan multimedia , kita
dapat mengetahui kondisi jalan dan posisi kita berada dalam suatu sistem yang
disebut GPS (Global Positioning System). GPS memungkinkan pengguna untuk
melacak posisi kendaraan, armada ataupun mobil dalam keadaanReal-Time. GPS
Tracking memanfaatkan kombinasi teknologi GSM dan GPS untuk menentukan
koordinat sebuah obyek, lalu menerjemahkannya dalam bentuk peta
digital. Informasi yang didapat dari GPS dapat dilihat dan disimpan dalam
ponsel atau komputer.
·
Multimedia
dimanfaatkan dalam bidang komunikasi untuk mempermudah manusia bertukar informasi.
berbagai macam objek dapat diolah dan dikirim dengan kemudahan melalui ponsel
dan komputer. Sebuah objek multimedia dapat dikirim dengan cepat dan mudah
melalui fasilitas MMS pada ponsel. Bahkan sekarang ponsel-ponsel
berbasis android sangat mudah dalam pengiriman pesan multimedia.
Multimedia dapat disajikan dalam
beberapa metode, antara lain :
Berbasis kertas (Paper-based), contoh
: buku, majalah, brosur.
Berbasis cahaya (Light-based), contoh
: slideshows, transparansi.
Berbasis suara (Audi-based), contoh :
CD Players, tape recorder, radio.
Berbasis gambar bergerak
(Moving-image-based), contoh : televisi, VCR (Video Cassete Recorder, film.
Berbasis Digital (Digilatally-based),
contoh : komputer.
F. Internet Based [6]
Istilah ini lebih dikenal dengan online di internet. Secara harfiah
internet ialah sistem golobal dari seluruh jaringan komputer yang saling
terhubung menggunakan standar internet protocol suite (TCP/IP) untuk melayani
milyaran pengguna di seluruh dunia.
Pengertian internet menurut para ahli :
Lani
Sidharta, menyatakan bahwa internet adalah suatu interkoneksi sebuah jaringan
komputer yang memberikan layanan informasi secara lengkap, dan terbukti bahwa
internet dilihat sebagai media maya yang dapat menjadi rekan bisnis, politik,
sampai hiburan. Semuanya tersaji lengkap didalam media ini.
Khoe
Yao Tung menyatakan bahwa internet adalah jaringan yang satelit komunikasi yang
fungsinya sangat beragam dan tentu merupakan pendukung internet di seluruh
dunia.
Internet memiliki sejarah yang
panjang dari awalh ditemukannya sampai saat ini. Sejak ditemukan skitar tahun
1969, internet mengalami banyak pengembangan dan perbaikan hingga akhirnya bisa
seperti saat ini. Internet juga memiliki suatu sistem yang menghubungkan antara
komputer satu dengan komputer yang lainnya yang masing-masing terpisah oleh
suatu jarak dan harus berinteraksi baik secara synchronous maupun
asynchronous.Synchronous adalah suatu sistem dimana interaksi atara
komponen-komponen yang saling berhubungan, dapat terjadi secara bersamaan datau
real time. Asynchronous adalah proses interaksi yang tidak terjadi dalam waktu
yang bersamaan.
Jadi
Internet Based adalah suatu sistem atau proses yang menghubungkan penguna
internet dengan berbagai macam sumber pengetahuan yang saling berinteraksi baik
secara synchronous maupun asynchronous berbasis teknologi informasi dengan
antarmuka web. Mungkin agak sedikit rancu tentang kata web, coba saya jelaskan
sedikit tentang web.
Web
adalah sebuah penyebaran informasi melalui internet. Sebenarnya antara www
(world wide web) dengan web adalah sama karena kebanyakan orang menyingkat www
mencadi web saja. Web merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari dunia
internet. Melalui web, setiap pemakai internet bisa mengakses informasi-informasi
di situs web yang tidak hanya berupa keks, tetapi juga dapat berupa gambar,
suara, filem, animasi dan lain-lain. Web merupakan kumpulan-kumpulan dokumen
yang banyak tersebar di beberapa komputer server yang berada diseluruh penjuru
dunia dan terhubung menjadi satu jaringan melalui jaringan yang disebut
internet.
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar